Gaul Islam: Saya Jomblo, Saya Single!!!

gaul islam

Batas

Islam mengajarkan agar umatnya menjaga hubungan baik antar sesama manusia. Tetapi, dalam Islam ada batasan sendiri untuk pergaulan antara pria dan wanita. Untuk itu, banyak remaja jaman sekarang yang enggan untuk gaul Islam. Padahal, Islam membatasi pergaulan ini sebagai salah satu bentuk menjaga kehormatan yang melindungi wanita.

gaul islam
diambil dari: talisaramadayati.wordpress.com

Salah satu pergaulan yang bukan merupakan gaul Islam adalah berpacaran. Alasannya sangat jelas, karena dalam jenis pergaulan ini akan lebih banyak hal yang dilarang, mulai dari tangan yang saling berpegangan dengan yang bukan muhrim hingga hal yang lebih dari itu. Ada yang menyebutkan pacaran secara Islam, tetapi sebetulnya istilah itu salah. Karena Islam tidak pernah mengajarkan cara ini. Cara yang dipakai dalam Islam untuk menggambarkan jenis hubungan seperti ini adalah dengan khitbah atau lamaran yang berujung dengan pernikahan. Dalam aturan Islam tidak diperbolehkan dua orang yang bukan muhrim untuk berduaan saja, sedangkan dalam berpacaran berduaan adalah hal yang justru diinginkan.

Jomblo??? It’s Ok!!!

Memilih bergaul secara Islam dengan tidak berpacaran, menghasilkan sebuah persepsi bahwa orang itu jomblo atau tidak laku. Jomblo atau tidak punya pacar terdengar tidak keren dan selalu jadi bahan ejekan. Seseorang dikatakan jomblo apabila ia sangat berharap ingin memiliki pacar tetapi belum mendapatkannya, sedangkan single adalah prinsip hidup yang dipilih seseorang untuk tidak memiliki pasangan dulu sebelum meraih hal-hal yang diinginkannya.

Lalu bagaimana dengan jomblo dan single dalam pergaulan Islam?

Apabila ingin mengambil hikmah dari jomblo, hikmahnya yaitu jauh dari dosa berpacaran. Dalam Islam sebetulnya tidak ada istilah jomblo. Karena, seorang muslim tidak membutuhkan pacar, tetapi membutuhkan pendamping hidup. Terdengar menggelikan ketika seseorang berkata membutuhkan pacar agar ada yang menjemput, memperhatikan, dan mencintainya. Apakah pacar itu supir?

Allah SWT menganugerahkan berbagai rasa kepada manusia sebagai bentuk perhatiannya, mulai dari rasa lapar, haus, ngantuk, bahkan perut yang mules sebagai alarm kita. Rasanya, Allah bahkan lebih perhatian dari pada sekedar sms yang seorang pacar berikan dengan menanyakan sudah makan atau belum. Lebih dari itu dalam Islam yang ada adalah suami bukan pacar. Suami dengan cintanya kepada Allah SWT dia akan mencintai kita seumur hidup dan menjadi imam kita. Sedangkan pacar belum tentu menjadi imam kita dan bisa mencintai kita seumur hidupnya.

Jadi, kenapa kita tidak mengatakan single saja ketika ditanya soal pacar. Tentu saja kita jomblo karena kita tidak membutuhkan pacar dan kita single karena kita masih dalam perjalanan meraih hal yang kita impikan sebelum akhirnya membutuhkan pendamping hidup.

Dibaca 4743 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>