Bisnis Online Halal Menurut Agama Islam

Bisnis online halal menurut Agama Islam itu seperti apa? Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai seluk-beluk bisnis online, terutama bisnis online seperti apa yang halal. Seiring berkembangnya dunia maya yang sangat luas tanpa batas, ada banyak hal yang bisa dilakukan di dalamnya.

Dari semua yang dilakukan, tentu saja tidak terbatas dalam kepentingan bisnis. Bahkan kata-kata populer terkini yang terucap mengatakan bahwa dunia maya itu adalah “lahan basah siap garap” bagi siapapun yang punya ide bisnis.

Meski dunia maya cenderung luas dan bebas, tetap harus kita sadari bahwa bisnis online seperti apa yang seharusnya kita lakukan, dengan kata lain bisnis online seperti apa yang halal. Bisnis online halal harus sejalan dengan syariat Allah ‘Azza wa Jalla. Dalam menjalankannya, ada beberapa hal yang wajib Anda jalani:

  • Produk Anda Harus Halal

Apa yang Anda perjual-belikan dalam bisnis online Anda? Kita diwajibkan untuk menjaga halal-haramnya produk yang kita jual, dan menjamin halal-haramnya produk yang kita beli dan gunakan dari bisnis online. Hadis menegaskan bahwa Islam mengharamkan hasil/produk dari bisnis berupa produk dan jasa yang haram, dengan isi: “Sesungguhnya bila Allah telah mengharamkan atas suatu kaum untuk memakan sesuatu, pasti Ia mengharamkan pula hasil penjualannya.” (HR Ahmad, dan lainnya).

Bisnis Online Halal Menurut Agama Islam

  • Jangan Curang Dalam Pelaksanaanna

Baik di dunia nyata maupun maya, segala sesuatu yang Anda lakukan tidak boleh curang. Jujur adalah hal yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Setiap hal yang curang tentu haram hukumnya bagi siapapun yang melakukan dan menikmati hasilnya. Untuk itulah bisnis online halal harus dilakukan dengan jujur, tidak boleh curang sedikit pun.

  • Pribadi Diri Anda Ketika Menjalankannya

Yang satu ini jelas sangat bergantung pada diri Anda sendiri. Apakah Anda ikhlas menjalankannya? Apakah Anda bersyukur dengan seberapa pun hasilnya? Apakah Anda selalu meminta berkah/restu dari Allah dan pihak-pihak yang Anda hormati? Lakukanlah semuanya berdasarkan hukum Islam dan nasehat orang-orang terdekat Anda. Lakukanlah semuanya dengan ikhlas dan berserah dengan hasilnya kepada Allah agar tidak ada tekanan dan pikiran negatif untuk curang ketika menjalankannya, agar hasilnya pun tetap halal dan sesuai dengan ajaran Islam. Bisnis online halal tidak terlepas dari pribadi Anda sebagai pelakunya.

Dibaca 422 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>