Teladan Kebangsaan Nabi Muhammad SAW

Pada bulan ini sekitar 1400 tahun lalu Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke bumi, tepatnya pada tanggal 12 bulan rabi’ul awal tahun gajah yang pada tahun ini jatuh pada 24 januari 2013. Umat Islam memperingati hari lahir Nabi Muhammad. Cerita menarik disaat terjadinya PiagamMadinah atau miytsaq al-madinah. Menurut sejumlah ilmuwan di dunia, peristiwa tersebut merupakan gagasan sekaligus praktek kehidupan berbangsa untuk pertama kalinya dalam sejarah panjang peradaban manusia. Karena berabad-abad sebelumnya umat manusia selalu berselisih satu dengan lainnya karena perbedaan atau hal lain yang bersifat primordial.

Masyarakat Madinah saat berada di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad SAW, menjadikan perbedaan justru dapat berdiri berdampingan dan saling menghormati dengan adanya ikatan kebangsaan sebagaimana tercantum dalam pendahuluan Piagam Madinah, masyarakat Madinah menjadi plural walaupun memiliki latar belakang yang berbeda baik suku atau agama dalam satu bangsa (ummatan wahidah).

Momen maulid seperti saat ini kita dapat merefleksikan semangat kebangsaan dalam menjaga dan menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun. Selamat memperingati maulid , dan selamat menegakkan teladan kebangsaan Nabi Muhammad SAW.

Dibaca 433 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>