Kisah Sahabat Nabi: Safinah, Sahabat yang Mampu Menggendong Unta

Kisah sahabat nabi

Cerita mengenai kisah sahabat nabi siapa sajakah yang sudah Anda dengar? Sudahkah Anda mendengar cerita mengenai Safinah?Sahabat nabi yang mampu menggendong unta? Tidak hanya satu unta yang berhasil Safinah gendong, tetapi enam unta dan ia tidak merasakan keberatan. Bagaimana kisah sahabat nabi satu ini? Mari kita simak kisahnya berikut ini. 

Persahabatan Safinah Dengan Nabi

Kisah sabahat nabi ini menceritakan mengenai Safinah, Abu Abdurrahman atau dikenal juga dengan Abu Bukhturi maula Rasulullah, yang pada awalnya merupakan budak dari istri Rasulullah yang dimerdekakan dengan syarat untuk menjadi pembantu Rasulullulah dalam hidupnya. Nasab Safinah merupakan keturunan dari kalangan Persia namun ia lahir di Arab.

Pada awalnya, nama asli dari Safinah adalah Qoys namun nama tersebut diganti oleh Rasul dengan sebutan Safinah, yang berarti kapal, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Tak banyak dari mereka yang bertanya-tanya pada Safinah mengenai sebutan nama yang ia dapati dari Rasul, “mengapa Anda dinamai Safinah?” tanya salah satu penduduk sekitar. Beliau pun mulai menceritakan alasan mengapa Rasul member sebutan Safinah pada dirinya.

Kisah sahabat nabi

Suatu hari, Rasul berpergian bersama beberapa orang sahabatnya, selama perjalanan para sahabat merasa keberatan dengan barang-barang yang dibawanya, lalu Rasul memerintahkan Safinah untuk membentangkan kainnya, kemudian Safinah pun membentangkan kainnya sesuai dengan perintah Rasul. Beliau menaruh semua barang-barang milik para sahabatnya itu ke atas kain yang dibentangkan oleh Safinah dan membawakan barang-barang yang terbungkus dengan kain tersebut kepadanya sambil bersabda, “bawalah!Sesungguhnya engkau adalah sebuah kapal.” Lalu Safinah pun mengatakan, “sekarang apabila aku memikul seekor unta, dua ekor, atau bahkan lima sampai enam ekor unta, aku tidak akan merasakan itu sebagai beban yang berat.” (HR. Hakim dalam Mustadrak-nya, 3:701).

Wafatnya Safinah

Dalam kehidupan ada yang hidup dan ada yang mati, Safinah telah hidup cukup lama bersama Rasul hingga ajal menjemputnya kembali kepada-Nya. Safinah wafat di zaman Hajjaj bin Yusuf yang sewaktu itu memerintah kota Madinah. Semoga saja kisah sahabat nabi ini dapat menginspirasi kita sebagai makhluk Tuhan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dibaca 2954 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>