Kaligrafi dari Masa ke Masa

Jika kita mendengar kata Kaligrafi yang terbersit didalam pikiran adalah tulisan ayat-ayat al-qur’an yang divisualisasikan secara indah. kaligrafi merupakan salah satu bentuk keindahan seni Islam dalam menulis ayat Al-Qur’an. Dalam bahasa Arab padanan kata yang tepat mewakili kata khath yang berarti seni menulis huruf arab dan seniman kaligrafinya disebut khattah atau al-khattah.
Dilihat dari sejarah sebenarnya akar kaligrafi Arab adalah tulisan hierogliph bangsa Mesir. Tulisan kaligrafi Arab pertama kali dikembangkan oleh masyarakat Himyar.
Umar bin Khattab yang berinisiatif agar wahyu Ilahi (Al-Qur’an) dikumpulkan karena kekhawatiran banyaknya para penghafal Al-Qur’an yang syahid dalam peperangan. Umar bin Khattab  mendesak khalifah saat itu Abu Bakar As-Siddiq untuk menyelamatkan Al-qur’an dengan cara menuliskannya secara resmi. Khalifah Abu Bakar kemudian memerintahkan seorang sahabat yang ahli dalam ilmu menulis Bahasa Arab, yaitu Zayd bin Sabit untuk mengumpulkan ayat-ayat Al-qur’an yang dimiliki oleh para huffadzsehingga menjadi berbentuk kitab.
Pada periode khalifah Usman bin Affan pada tahun 651 M. naskah Al-qur’an disalin ke dalam empat sampai lima edisi dan disebarkan ke wilayah-wilayah Islam yang strategis bagi perkembangan Islam. Pada masa ke-khalifahan Umar bin Khattab (634-644) seni penulisan Bahasa Arab mulai berkembang dan mempunyai posisi penting dalam kebudayaan Islam  terutama dalam pengembangan seni penulisan Mushaf Al-qur’an.
Selain Zayd bin Sabit, penulisan Al-qur’an juga dilakukan oleh para sahabat Nabi yang lain, yaitu Muadz bin Jabal, Abdullah bin Mas’ud, Abdullah bin Zubair, Said bin ‘Ash, dan Abdurrahman bin Haris. Seni, gaya, dan karakteristik masing-masing penulis inilah yang kemudian menjadi awal mula berkembangannya seni kaligrafi Arab. Semakin luas cakupan syiar Islam, semakin berkembang seni kaligrafi Arab hingga para khattathberlomba-lomba untuk menjadi penulis terbaik dan utama pada masanya.

Dibaca 619 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>