Tobat

Tobat berasal dari bahasa Arab, tawbah yang berarti “kembali”. Dalam istilah agama Islam yaitu kembali dari segala perbuatan tercela menuju perbuatan terpuji, esensi tobat yang sesuai dengan agama adalah perubahan pola pikir, pola sikap dan pola laku dari yang negatif menjadi positif.
Abu Ishaq Ibrahim al-Matlubi (w.291 H/904) menjelaskan bahwa tobat itu tiga peringkat. Tobat dari dosa besar, seperti menyekutukan Allah SWT, durhaka kepada orantua, berzina, meminum khamr, bersumpah palsu  dan hal lainnya tanpa alasan yang dibenarkan agama. Kedua, tobat dari dosa-dosa kecil, perbuatan makruh, tindakan yang menyimpang dari keutamaan, merasa diri suci, merasa dekat dengan Tuhan, dah lain-lain. Ketiga, tobat dari kelengahan hati dari mengingat Allah SWT walau hanya sekejap.
Imam al-Gazali menjelaskan bahwa tobat mempunyai dua sasaran. Pertama, membuka jalan dalam peningkatan kualitas ketaatan seseorang kepada Allah SWT, sebab perbuatan dosa dilakukan yang dilakukan seseorang mengakibatkan kehinaan dan tertutupnya jalan ketaatan kepada Allah SWT. Perbuatan dosa yang dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan hatinya menjadi gelap dan kotor. Hati yang demikian tidak dapat merasakan nikmatnya beribadah. Tobat menentukan diterimanya amal ibadah seseorang oleh Allah SWT. Oleh sebab itu segala bentuk kebaikan, ketaatan, ibadah, dan doa yang dilakukan seseorang tidak diterima Allah Swt selama orang tersebut masih berdosa.
Karena itulah tobat merupakan suatu keharusan bagi setiap hamba Allah SWT yang mengharapkan agar amal kita diterima Allah SWT. Tobat yang dilakukan secara tulus didasari kesadaran hati paling dalam dan tidak akan mengulangi perbuatan tercela lagi adalah taubat nasuha. Agar kesadaran untuk bertobat dapat muncul didalam kalbu kita harus senantiasa ingat bahwa perbuatan dosa tidak disukai Allah SWT, setiap dosa yang dilakukan pasti akan mendapat siksaan yang dahsyat. Senantiasa kita dapat menumbuhkan dalam hati untuk kembali kepada Allah SWT melalui tobat nasuha.

Dibaca 408 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>