Tips Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Tips Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Perkembangan tren hijab semakin pesat. Perempuan yang mengenakan hijab akan terpancar auranya yang ditunjang pemakaian hijab secara serasi. Kini banyak sekali hijab dengan bentuk beragam yang bisa kita pilih dipasaran sesuai keinginan. Tapi perlu diingat ya sahabat muslimah, memilih hijab juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah agar penampilannya serasi.

Bagaimana memilih hijab yang sesuai dengan bentuk wajah?

Wajah bulat

Wajah berbentuk bulat cenderung memiliki  ciri-ciri jarak antara dahi ke dagu sama dengan antara jarak kedua pelipis serta pipi. Bagi Anda yang memiliki wajah bulat sebaiknya mengenakan hijab/jilbab dengan menutupi sebagian pipi luar. Jika memakai hijab model bergo atau pet topi, Anda bisa pilih hijab yang menutupi sisi kanan dan kiri tulang pipi agar wajah terlihat lebih panjang,

Gunakan bahan loose/jatuh, sehingga memberikan efek wajah lebih ramping. Bahan rajut ringan, crepe, sifon serat jagung berfungsi memberi dimensi antara wajah & kerudung, sehingga menyamarkan pipi yang bulat. Bahan yg sebaiknya dihindari ialah sifon sutra (yg terlalu jatuh & tipis) & kaos tipis yg akan mempertegas tekstur wajah bulat Anda .  Selain itu, Anda juga dapat memakai hijab kain dengan model asimetris dengan salah satu sisi kerudung menutupi sebagian pipi ini akan menyamarkan wajah bulat & menciptakan jarak antara wajah & kerudung.

Wajah panjang

Bagi Anda yang memiliki wajah panjang bisa menggunakan gaya Turkish hijab atau hijab arab. Biasanya tren hijab model ini terdapat undercaps didalamnya hingga dahi yang akan mengurangi efek wajah terlihat panjang. Anda boleh menggulung rambut agar bentuk kepala belakang terlihat seimbang dan bagus.

Wajah kecil atau oval

Jika wajah Anda berbentuk oval memiliki keuntungan sendiri, karena akan terlihat serasi memakai hijab jenis apapun dengan gaya apapun. Jika ingin wajah terlihat tidak tampak semakin kecil dan stand out maka bisa pakai hijab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga sampai dagu.

Wajah kotak persegi

Jika wajah berbentuk kotak persegi sebaiknya dagu, kedua sisi rahang & bagian dahi tertutup dengan jilbab agar menghasilkan penampilan lebih bulat atau oval. Jangan memakai gaya jilbab yg berbentuk segitiga menjorok ke didalam atas dahi apalagi memperlihatkan dagu bagian bawah karena akan memperlihatkan wajah anda agak maskulin. Anda juga bisa memakai jilbab rounded shape/bulat yg akan membingkai wajah & menyamarkan garis wajah Anda menjadi lebih lembut & menghilangkan garis-garis tajamnya. Hindari menggunakan color-color keras & menyolok. Gunakan color soft, pastel atau gradasi lembut sehingga wajah terlihat lebih full.

Wajah segitiga

Bentuk wajah segitiga sangat cocok mengenakan hijab yang longgar. Jilbab erat khusus difokuskan pada separuh atas kepala, hanya penekanan daerah dahi yg lebih lebar, jadi cobalah untuk tetap terbungkus dengan efek yg longgar dengan membuat lipatan lembut di daerah ini. Tutup sebagian sisi dahi untuk meminimalkan lebar dahi & membuat wajah berbentuk berlian.

Wajah dahi lebar

Bagi anda ygmemiliki dahi/kening lebar tentunya akan semakin terlihat cantik juga memakai jilbab bila memakai inner yg menutupi bagian luar sisi kanan & kiri jidat dengan aksen silang. Atau mengenakan ciput arab yg memang menutupi sebagian besar dahi. Cara ini akan membuat dahi Anda terlihat lebih kecil & semakin cantik.

Selamat mencoba hijab yang sesuai bentuk wajah agar sahabat muslimah terlihat semakin serasi dengan hijab syar’i. Selamat mencoba.

Dibaca 972 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>