Tentang Fitrah


Dalam Al-Qur`an istilah fithrah memiliki dua makna. Pertama, fitrah berarti kejadian manusia yang suci. Kedua, fithrahadalah al-Islâm, yakni agama yang lurus, agama yang sesuai dengan akal budi, nurani manusia dan kejadian manusia yang suci.

Fiţhratallâh yakni fitrah Allah, yang disebutkan di dalam Surah Al-Rum ayat 30, secara bahasa berarti ciptaan Allah. Maksudnya, agama Allah, agama Islam, yang merupakan agama ciptaan Allah, yang dirancang oleh Allah untuk kebaikan seluruh umat manusia di dunia.
Sebagian ulama tafsir mengartikan fitrahadalah kejadian.Maksudnya, Allah menciptakan manusia dengan fitrah atau kejadian sesuai kehendak-NYA, yaitu bahwa manusia membutuhkan Allah. Dengan kejadian itu, seorang anak sejak lahir menjadi makhluk bertuhan.
Manusia sejak usia dini sebenarnya memahami dan membutuhkan Allah seiring dengan berkembangnya akal dan pengetahuan manusia itu sendiri. Kejadian atau fitrah manusia berbeda dengan kejadian atau fitrah binatang yang tidak ada pengetahuan tentang Tuhannya. namun mungkin ada kalanya saja manusia dalam menjalani perjalanan hidup yang terkadang mengabaikan fitrah, sehingga ia merasa seaka-akan tidak membutuhkan Tuhan, bahkan menyatakan dirinya tidak bertuhan. Dengan demikian, istilah fitrah secara bahasa  mempunyai dua pengertian, yaitu kejadian manusia dan agama yang benar adalah agama Islam.

Dibaca 631 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>