Shalat kita tertinggal 1 rakaat, Sah atau Tidak?

Pasti kita pernah dalam menjalankan shalat berjama’ah, kita tertinggal rakaat karena hujan atau pengeras suara masjid yang mati sehingga kita mengetahuinya hanya berdasarkan jam saja. alhasil kita pun datang ke masjid atau mushola terlambat dan sudah tertinggal 1 rakaat.

Bagaimanakah dengan shalatnya sah atau tidak?
Jika seseorang yang sedang salat dengan sengaja menambah atau mengurangi jumlah rakaat dalam shalat, maka ulama menyatakan bahwa salatnya tidak sah.

Apabila ada seseorang yang mengerjakan salat, kemudian ia lupa bahwa jumlah rakaat yang ia kerjakan kurang, kemudian ia ingat, maka hendaknya ia menambah bilangan rakaat tersebut, lalu melakukan sujud sahwi.Dalam sebuah hadis riwayat Imam At-Tirmidzi disebutkan bahwa “Rasulullah SAW pernah salam setelah salat dua rakaat, kemudian diberi tahu bahwa rakaat salatnya kurang satu, maka beliau pun kembali pada posisi salat, lalu menyempurnakan salatnya dan sujud setelah salam” (HR. At-Tirmidzi).

Dibaca 656 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  , ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>