Sabar

Sabar termasuk sifat para rasul, terutama yang dijuluki sebagai ulu al- ‘azm, yang memiliki keteguhan hati. Syekh Abdul Qadir al-Jailani (w. 561 H/ 1166 M) membagi sabar atas tiga tingkatan. Pertama, sabar untuk Allah SWT (sabr li-Allah), yaitu keteguhan hati dalam melaksanakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Kedua, sabar bersama Allah SWT (sabr ma ‘a Allah), yaitu keteguhan hati dalam menerima segala keputusan dan tindakan Allah SWT. Ketiga, sabar atas Allah SWT (sabr ‘ala Allah), yaitu keteguhan hati dan kemantapan sikap dalam menghadapi apa yang dijanjikan-Nya berupa rezeki, kelapangan hidup, dan sebagainya.

Pada awalnya, orang beriman merasakan bertanya kesabaran dalam melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Hal demikian merupakan isyarat bahwa hubungannya dengan Tuhan masih jauh. Pada tingkat ini belum terasa lezatnya beribadah dan bermunajat dengan Allah SWT. Kendati demikian, orang mukmin memiliki keteguhan hati dan kemantapan sikap untuk melaksanakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Kesabaran begitu dipandang sebagai milik sufi pemula. Kalau kesabaran tingkat awal itu dapat dipertahankan dan senantiasa ditingkatkan, maka sufi akan dapat mencapai sabar tingkat kedua, yakni sabarnya orang yang telah menjalin hubungan dengan Allah SWT.
Di dalam kalbunya telah bersemi perasaan cinta kepada Allah SWT, sehingga cobaan apapun yang dialami, dirasakannya sebagai jentikan Kekasih. Kalbu orang yang berada pada peringkat ini diliputi oleh rasa pasrah kepada Allah SWT, yang disertai dengan rasa damba untuk senantiasa berada di dekat-Nya. Sikap mental demikian, kemudian akan mengantarkan sufi mengorientasikan hidupnya kepada Yang Abadi. Kakinya masih menginjak bumi, tetapi hatinya terpaut dengan Ilahi. Baginya, dunia hanyalah penantian untuk mencapai akhirat yang abadi.

Dibaca 283 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>