Perbedaan Syariat dengan Hakikat


Dalam buku yang ditulis oleh Sayyid Ahmad Masyhur Bin Thaha Al-Haddad yang berjudul “Pembuka Pintu Surga” menjelaskan arti ilmu syariat  adalah ilmu yang membahas pokok-pokok permasalahan agama secara Zahiri atau ilmu lahir seperti ibadah zakat, puasa, dan haji. Sedangkan ilmu hakikat adalah ilmu yang membahas berbagai macam permasalahan agama secara batiniy.
Perbedaan ilmu hakikat dan syariat adalah terletak pada kecenderungannya, syariat adalah tentang ketaatan kita untuk mengikuti perintah-perintah Allah SWT. Dengan tingkatannya adalah Islam dan Iman. 
Sedangkan hakikat adalah melaksanakan perintah Allah dengan seakan-akan melihat-Nya dan Dia melihatmu, tingkatan hakikat adalah Ihsan.

 

Dibaca 163 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>