Perbankan Syariah – Dasar Sistem Perbankan Syariah

Perbankan Syariah - Dasar Sistem

Perbankan syariah merupakan sebuah konsep perbankan yang saat ini sedang banyak ditawarkan oleh beberapa Bank besar. Berdasarkan sejarah perekonomian Islam, dasar prinsip konsep perbankan syariah sebenarnya adalah hukum syariah yang sudah diterapkan sejak dahulu. Meskipun begitu, di dunia perbankan secara umum konsep perbankan syariah ini bisa dibilang adalah konsep yang masih baru karena baru diterapkan oleh lembaga – lembaga perbankan di akhir abad 20 an. Lembaga yang menerapak biasanya adalah lembaga – lembaga perbankan baik semi swasta maupun komersial swasta yang berada di sekitar komunitas muslim.

Prinsip – Prinsip dan Sejarah Singkat Perbankan Syariah

Konsep Al – Mashrafiyah Al – Islamiyah atau di Indonesia lebih di kenal dengan perbankan syariah ini berbeda dengan konsep perbankan konvensional. Dalam perbankan konvensional terdapat bunga pinjaman serta keleluasaan dalam berinvestasi dalam berbagai kategori usaha yang hampir tidak terbatas. Sedangkan dalam prinsip perbankan syariah, bunga serta investasi di usaha – usaha yang terlarang dalam Islam adalah dua hal yang dihindari. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam Islam ada usaha – usaha yang diharamkan seperti usaha minuman keras, dan lainnya. Selain itu, islam juga melarang dikenakannya bunga kepada peminjam, atau hal itu dikenal juga dengan sebutan riba.

Perbankan Syariah

Perbankan Syariah

Lahirnya sistem perbankan syariah di abad 20 an di lembaga – lembaga perbankan Islam secara tidak langsung didorong oleh gerakan – gerakan neorevivalis dan modernis yang merupakan dua gerakan renaisans Islam modern. Perkembangan perbankan syariah secara global pun sangat cepat yakni mencapai 10 hingga 15 % cepatnya. Misalnya saja ditunjukan dengan besarnya jumlah asset di dunia yang dikelola oleh sistem perbankan syariah, yakni mencapai 822 miliar dolar AS pada tahun 2005. Sedangkan lima tahun kemudian yakni pada tahun 2010, penjualan obligasi syariah menurut perkiraan telah meningkat hingga 24% yakni mencapai dua puluh lima miliar dolar AS.

Kebaikan dan manfaat prinsip perbankan syariah memang sudah banyak diakui sehingga sistem ini banyak digunakan dan dikembangkan oleh lembaga perbankan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Dibaca 104 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>