Khazanah Muslim Ramadhan: Keutamaan Zakat Dalam Rukun Islam

Zakat

Terdapat dalam sebuah hadits pernyataan yang menyatakan bahwa Allah SWT tidak menerima shalat seseorang yang tidak menunaikan salah satu rukun islam yang penting yaitu Zakat. Karena memang dalam Al-Quran pun Allah SWT memerintahkan umatnya untuk menunaikan zakat bersamaan dengan perintah untuk menunaikan ibadah shalat.

Zakat adalah sebuah penyempurna dalam ibadah, yang menjadi tiang agama adalah Shalat, namun dengan Zakat maka ibadah kita akan menjadi lebih sempurna. Hal ini juga tersurat dalam firman Allah SWT dalam surah (Al-Baqarah 43) : “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku”. Yang dimaksudkan shalat tersebut adalah shalat berjama’ah dan bisa juga di artikan untuk tunduk kepada segala perintah Allah bersama orang-orang yang beriman yang tunduk kepada Allah SWT.

DOA AGAR MENDAPATKAN AKHLAK MULIA DAN DIJAUHKAN AKHLAK TERCELA

Ditulis oleh Maulana asyraf ali tsanwi Rah.a. bahwa di dalam itu terdapat 2 jenis amalan. Yang pertama adalah amalan zhahir dan yang kedua adalah amalan batin. Amalan zhahir terdapat 2 jenis yaitu beribadah dengan harta dan juga beribadah dengan jasad.

Ayat diatas dikemukakan 3 perkara, shalat merupakan ibadah jasmani, zakat adalah ibadah harta, sedangkan khusyu (merendahkan diri) adalah ibadah batiniah. Untuk mendapatkan sifat lemah lembut dalam hati dan khusyu, maka berdampinganlah bersama orang-orang yang bersifat demikian. Oleh karena itu ungkapan “bersama orang-orang yang ruku” sangat tepat dalam hal ini.

TIPS MENYIAPKAN DANA UNTUK KAMU YANG INGIN NAIK HAJI

Kurang lebih seperti itulah penafsiran mengenai Zakat yang dapat di uraikan. Tentunya masih ada kurang dan salah yang tersurat dalam artikel ini, maka mohon dimaafkan. Semoga kita semua tergolong dalam orang-orang yang dilindungi oleh Allah SWT yang membuat kita semakin khusyu dalam beribadah dan menunaikan segala apa yang di perintahkan-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Zakat

Dibaca 333 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>