Jual Beli Rumah: Pertimbangan Penting ketika Jual-Beli Rumah Bagi Keluarga Islami

Jual Beli Rumah: Pertimbangan Penting ketika Jual-Beli

Jual beli rumah atau hunian tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan utama (primer) manusia, tentu selain pangan dan juga sandang. Baik yang sudah berkeluarga atau belum, pasti membutuhkan rumah sebagai tempat peristirahatan terakhir. Namun membeli barang berharga yang satu ini, pada dasarnya membutuhkan dua persiapan, yaitu materi dan psikologis dari calon pembeli. Yang menjadi modal utama tentunya adalah keuangan atau biaya. Di sinilah biasanya proses jual beli rumah menjadi rumit dan panjang.

Menjual atau membeli rumah sepertinya menjadi satu hal yang memang memiliki banyak pertimbangan, baik itu dari segi lokasi, keuangan, investasi di masa depan maupun keadaan rumah itu sendiri. Jual beli rumah memang gampang-gampang susah, kadang si penjual rumah pun tidak bisa menentukan harga jual rumahnya karena memang belum mengetahui kondisi harga pasaran di lokasi dengan keadaan rumah yang sedemikian rupa tersebut.

Pertimbangan Menjual Rumah

Jual Beli Rumah: Pertimbangan Penting ketika Jual-Beli

Menjual rumah bisa menjadi pintu menuju tahapan baru dalam kehidupan Anda. Bila dilakukan tanpa persiapan dan pemikiran yang tepat dan matang, bisa jadi keputusan tersebut membawa masalah besar. Pastikan mental Anda sudah siap saat menginginkan menjual rumah, artinya sudah mempunyai rencana tujuan kepindahan Anda selanjutnya. Ketahui keadaan pasar properti dengan informasi yang luas, ada baiknya juga mengetahui perekenomian global yang bisa berdampak pada pasar properti lokal. Hindari sikap terburu-buru dalam menjual rumah. Selesaikan dahulu semua persiapan rumah, baik dari proses renovasi dan proses pembiayaan dari calon pembeli dengan jelas.

Tips Membeli Rumah

Dalam membeli rumah, ada dua pilihan, antara membeli rumah baru atau rumah second. Dan itu semua tergantung dari keadaan finansial Anda dan apa yang dibutuhkan. Namun dari kedua pilihan tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa lokasi menjadi pointer utama dalam pertimbangan membeli rumah. Dapatkan informasi lengkap tentang lokasi calon rumah, baik dari segi jalan dan perkembangan lingkungan di sekitar sebagai bahan untuk investasi. Pelajari data calon penjual baik itu individu maupun kredibilitas pengembang (developer) rumah dengan seksama. Pilihlah calon penjual dengan reputasi terpercaya dan telah memiliki pengalaman yang baik. Periksa kelengkapan dokumen rumah, seperti Surat Hak Milik (SHM), sertifikat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), pPjak Bumi & Bangunan (PBB). Selalu cek dan ricek semua keaslian dan keabsahan dokumen tersebut. Selain itu semua, yang terpenting juga adalah harga pasaran. Gali informasi sebanyak mungkin tentang harga pasaran tanah dan rumah dalam proses jual beli rumah ini. Terlebih lagi jika menginginkan untuk membeli rumah lalu menjualnya lagi.

Dibaca 516 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>