Jihad yang Bisa Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Seringkali kita mendengar istilah Jihad yang identik dengan makna seperti melawan kekafiran yang dilakukan dengan cara berperang. Namun sebenarnya Jihad juga bisa diterapkan di kehidupan kita sehari-hari sebagai umat muslim dalam bermasyarakat, yang dapat kita lakukan melalui hal-hal positif dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. bahkan jihad bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana.
  1. Dalam kehidupan sehari-hari Jihad yang dapat kita terapkan adalah dengan memperbaiki kualitas sosial kaum Muslimin di Masyarakat seperti:
  2. Perjuangan untuk melindungi dan membantu kaum dhu’afa dari kekufuran, kefakiran, kemiskinan, serta ketertinggalan.
  3. Mendorong kaum muslimin untuk mengamalkan agama dengan sebaik-baiknya.
  4. Membangun sarana dan prasarana dakwah, pendidikan, pusat penelitian dan pengembangan sains dan teknologi.
  5. Membangun kualitas hidup kaum muslimin agar menjadi umat yang cerdas secara intelek, emosi, dan spiritual.
  6. Mendorong umat agar peduli terhadap masalah-masalah sosial dan kemanusiaan guna mewujudkan perdamaian bagi seluruh umat.
  7. Menyadarkan umat tentang perlunya menjaga kesehatan secara kuratif, preventif dan promotif, agar umat Islam menjadi komunitas yang sehat dan memiliki SDM yang unggul.

Jihad secara bahasa berasal dari kata kerja ja-ha-da yang berarti jadda, yang artinya bersungguh-sungguh dan bekerja keras. Jihad juga berarti bekerja dengan sungguh-sungguh hingga mencapai hasil yang optimal. Al-Qur`an menyebut istilah Jihad dengan segala perubahan bentuknya sebanyak 36 kali. Melalui ayat-ayat Jihad pada beberapa surah dalam Al-Qur`an menjelaskan makna Jihad dengan konteks pembahasan yang beragam, namun semuanya menjelaskan bahwa Jihad menurut Al-Qur`an adalah perjuangan untuk mewujudkan al-salâm, al-salâmah, al-shalâh dan al-ihsân, yaitu perjuangan untuk mewujudkan perdamaian, kesejahteraan, dan perbaikan kualitas hidup kaum Muslimin sesuai dengan ajaran Al-Qur`an. Jihad Fi Sabilillah adalah perjuangan untuk mewujudkan pesan perdamaian Al-Quran. Al-Qur`an sesungguhya membimbing kaum Muslimin menjadi umat yang cinta damai, bahkan menjadi pejuang perdamaian, namun Al-Qur`an membolehkan kaum muslimin melakukan Jihad untuk berperang jika itu adalah pilihan paling akhir yang hanya diizinkan apabila kaum Muslimin dizalimi, dan diperlakukan tidak adil.

Dibaca 1971 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>