Jihad Melawan Hawa Nafsu

Jihad melawan hawa nafsu adalah upaya menggunakan segala kemampuan untuk mengendalikan hawa nafsu. Hawa nafsu adalah naluri manusia tetapi harus dikendalikan, karena jika tidak manusia itu sendiri yang akan dikendalikan oleh hawa nafsu. Ketika manusia sudah dikendalikan nafsunya, hati nurani tidak bekerja.
Hikmah ini disampaikan oleh Rasulullah SAW setelah pertempuran Badar, “Kita kembali dari jihad yang kecil menuju jihad terbesar, (Para sahabat bertanya, “Apakah itu ya Rasul”, yaitu jihad melawan hawa nafsu” (HR. Muslim).
Jika kita berperang mengangkat senjata melawan musuh yang nyata, pasti pengorbanan fisik, harta, moral, spiritual dan nyawa seperti perang Badar yang dikatakan oleh Rasul sebagai jihad yang tidak lebih besar daripada perang melawan hawa nafsu. Umat Muslim kini wajib menyadari bahwa berperang melawan hawa nafsu yaitu dengan mengendalikannya, sehingga nafsu dapat terarahkan melalui jalan yang syar’i seperti telah diatur dalam agama Islam. Bentuk perjuangan serta jihad yang sangat mulia dan harus diperjuangkan.

Dibaca 509 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>