Islah

Islah secara bahasa berasal dari kata kerja ash-laha, yush-lihu, ishlâhan yang berarti perbaikan atau perdamaian. Dalam istilah Islam, islah berarti mendamaikan dua orang atau dua pihak yang berselisih atau memperbaiki sesuatu yang rusak.

Di dalam Al-Qur`an, kata islah diulang sebanyak 6 kali yang tersebar pada beberapa ayat dan surah. Istilah islah di dalam Al-Qur`an mengandung dua pengertian. Pertama, memperbaiki, yakni memperbaiki keadaan anak yatim sebagaimana disebutkan pada ayat Al-Qur`an yang berikut: “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!” (QS. Al-Baqarah: 220). Kedua, mendamaikan hubungan buruk di antara manusia                                              seperti disebutkan pada ayat yang berikut: “Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar” (QS. Al-Nisa: 114).

Singkatnya, Al-Qur`an yang merupakan sumber utama ajaran Islam sangat menekankan ishlah, memperbaiki keadaan yang buruk dan mendamaikan permusuhan, karena Islam dan umat Islam mencintai perdamaian dan bertanggungjawab memperbaiki keadaan yang buruk.

Dibaca 472 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>