Iman

Iman secara bahasa berarti percaya, mempercayai, yakin atau meyakini sesuatu dengan mantap. Dalam Islam, pengertian iman tersurat pada hadis Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW berada di tengah-tengah orang banyak, lalu Malaikat Jibril datang kepada beliau dan (mengajukan pertanyaan-pertanyaan), “Apakah iman itu?” Rasulullah SAW menjawab, “Iman adalah engkau meyakini Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul, engkau percaya kepada hari akhir, dan engkau percaya kepada ketentuan Allah baik yang baik maupun yang buruk”.

Al-Qur`an menjelaskan tentang dasar-dasar kepercayaan atau keyakinan seorang Muslim sebagai berikut: Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Merekaberkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya,” dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali” (QS. Al-Baqarah/2: 285). Al-Qur`an pun menjelaskan keyakinan seorang Muslim yang bertakwa: “dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, yaitu Kitab Taurat, Zabur dan Injil, serta Suhuf-suhuf (lembaran-lembaran) yang tidak seperti kitab; dan mereka meyakini akan adanya akhirat” (QS. Al-Baqarah/2: 4).

Berdasarkan paparan di atas, para ulama kalam merumuskan bahwa rukun iman atau dasar-dasar keyakinan seorang Muslim itu sebagai berikut: 1) Iman kepada Allah; 2) Iman kepada para malaikat Allah; 3) Iman kepada kitab Allah; 4) Iman kepada para nabi dan rasul Allah; 5) Iman kepada hari akhirat atau hari kebangkitan; dan 6) Iman kepada qadha dan qadar Allah, yang baik dan yang buruk. Iman yang mengakar pada pribadi seorang Muslim akan menyinari pikiran, perasaan dan ruhani serta menjadi kekuatan yang menjadikan hidup dinamis dan stabil dalam segala keadaan.

Dibaca 535 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>