Ijtihad

Ijtihâd secara bahasa berasal dari kata kerja ja-ha-da yang berarti bersungguh-sungguh, mencurahkan kemampuan dan memeras potensi diri. Dalam istilah agama Islam, ijtihad adalah mencurahkan kemampuan dalam memahami Al-Qur`an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW guna menggali dan menetapkan hukum fikih, yakni hukum Islam yang terperinci dan terterapkan. Ulama yang melakukan ijtihad dinamakan mujtahid.
Imam Abu Hanifah, Imam Malik bin Anas, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hanbal adalah para mujtahid. Mereka disebut a`immah al-mujtahidîn, para imam yang melakukan ijtihad dalam menggali hukum fikih. Ketetapan hukum fikih yang merupakan hasil ijtihad mereka dinamakan madzhab. Dalam sejarah hukum Islam, dikenal ada empat madzhab hukum fikih, yaitu Madzhab Hanafi, Madzhab Maliki dan Madzhab Syafi’i dan Madzhab Hanbali. Kaum Muslimin di Indonesia pada umumnya merupakan pengikut Madzhab Syafi’i dalam pengamalan hukum fikih.
Salah satu contoh hasil ijtihad dalam hukum fikih adalah kaum Muslimin mengenal enam rukun wudhu, padahal Al-Qur`an hanya menyebutkan empat, seperti termaktub pada ayat berikut: “Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melaksanakan salat maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, lalu sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki” (Q.S. Al-Ma`idah/5: 6). Para ulama melakukan ijtihad guna menggali hukum fikih tentang wudhu. Hasilnya, urutan anggota tubuh yang disebut di dalam Al-Qur`an harus dipertahankan, yakni membasuh wajah, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap kepala dan membasuh kaki sampai kedua mata kaki. Kemudian, berdasarkan sabda Rasulullah SAW: “Mulailah sebagaimana Allah memulai” (HR. al-Bukhari dan Muslim), maka, tertib menjadi salah satu rukun wudhu`. Para mujtahid kemudian memperhatikan sabda Nabi SAW yang berarti: “Sesungguhnya amal ibadah itu harus dimulai dengan niat” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Maka niat menjadi salah satu rukun wudhu`. Dengan demikian, rukun wudhu` menjadi enam. Itulah contoh ijtihad.

Dibaca 443 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>