Idul Fitri Dirayakan Meriah di China

Khazanahmuslim-Idul Fitri Dirayakan Meriah di China

Umat muslim di negeri China merupakan minoritas, tetapi hal tersebut tak menyurutkan kemeriahan Idul Fitri disana setiap tahunnya. Idul Fitri yang meriah bisa dirasakan di daerah otonomi Xinjiang. Sebagian besar dari etnis di Xinjiang beragama Islam. Ada beberapa etnis minoritas di Xinjiang seperti Uighur, Han, Kazakh, Hui, Tajik, Kyrgiz dan Mongol.

Setiap tahunnya ada sekitar 20 ribu umat Muslim China yang biasanya memadati Masjid Id Kah di Kashgar, Xinjiang. Masjid ini terbesar di China dan memiliki sejarah panjang selama 5 abad. Kegiatan yang dilakukan umat muslim China tidak jauh berbeda dengan umat Muslim lain. Setelah berpuasa seharan, mereka mencari daging domba yang menjadi makanan identik di bulan Ramadhan.

Saat Idul Fitri ada yang seru di Kota Aksu, seluruh umat Muslim berkumpul untuk merayakan Idul Fitri dengan menyanyi dan menari. Sedangkan di Provinsi Qinhai, Xining, umat Muslim memilih melakukan upacara tradisional dirumah bersama keluarga.

Pemerintah setempat memberikan waktu hari libur selama 3 hari saat Idul Fitri yang dimanfaatkan umat Muslim untuk beribadah, bersilaturami, membersihkan makam keluarga, dan menikmati festival.

Tertarik berkunjung ke China saat Idul Fitri?

Dibaca 430 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>