Da’wah Bil Hal

Sobat muslim sudah mendengar tentang Da’wah Bil Hal?

Da’wah bil hal adalah mengajak manusia kepada jalan Allah dengan perbuatan atau aksi sosial. Da’wah bil hal bisa dilakukan dengan dua cara, melalui layanan sosial (social service) dan pengembangan masyarakat (community development) atau pemberdayaan masyarakat (community empowering).

Layanan sosial kepada dhu’afa atau para penyandang masalah kesejahteraan sosial seperti fakir-miskin, anak yatim, anak jalanan, anak terlantar dan penyandang cacat bisa disebut da’wah bil hal bila dilakukan dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Didasarkan pada motif semata-mata mencari keridhaan Allah;
  2. Dengan target menguatkan tali persaudaraan di antara sesama Muslim bahwa Muslim dengan Muslim itu  bersaudara; dan
  3. Menjadi media dialog dengan komunikasi personal dengan dhu’afa tentang pentingnya usaha dan doa dalam mengubah nasib.

Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan prinsip berikut: Pertama, didasarkan pada cara pandang bahwa dhu’afa itu memiliki potensi, harga diri, keinginan dan kemampuan untuk mengubah nasib. Kedua, pemberdayaan masyarakat tidak cukup dengan memberikan santunan, tetapi dengan menyadarkan dhu’afa bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mengubah nasib mereka sendiri. Ketiga, pemberdayaan adalah menolong dhu’afa mengembangkan potensinya secara berkesinambungan sehingga mereka memiliki kerpercayaan diri untuk mengubah nasib. Keempat, pemberdayaan dilakukan dengan melibatkan dhu’afa dalam perencanaan, pelaksanaan, monitor dan evaluasi dengan pendampingan yang intensif. Kelima, pemberdayaan dhu’afa dilakukan dengan dana yang berasal dari masyarakat lokal yang dibantu oleh al-aghniyâ`, orang-orang Muslim yang mampu, melalui zakat, infak dan shadaqah yang dikelola oleh Badan Amil Zakat yang amanah dan professional. Keenam, program pemberdayaan dhu’afa dipadukan dengan penguatan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam secara kâffah atau menyeluruh.

Dibaca 430 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>