Dakwah Islam yang Mengedepankan Hikmah dan Mau’idoh Hasanah


Setiap agama pada dasarnya selalu mengajarkan jalan kebaikan. Ajaran agama senantiasa mengajak umat manusia untuk selalu hidup dalam keselamatan dan perdamaian. Dalam setiap agama dikenal konsep seruan atau dalam agama Islam disebut dakwah.
Dakwah yang ideal menurut Islam seperti apa? Karena kalau dilihat lebih jauh masih saja sebagian umat Islam yang memahaminya secara serampangan, misalnya mereka berdakwah dengan menggunakan unsur kekerasan atau teror. Nasir Abas, Mantan Ketua Mantiqi III Jama’ah Islamiyah menjelaskan bahwa dakwah harus mengedepankan unsur hikmah dan mau’idhof hasanah karena Islam merupakan agama damai maka menyerukan ajaran-ajarannya adalah kebijaksanaan serta pesan kebaikan.
Para teroris yang mengedepankan teror untuk berdakwah adalah hal yang keliru, dalam Al-Qur’an disebutkan “Ajaklah ke Jalan Tuhanmu dengan hikmah dan mau’idof hasanah”, pernyataan ini menunjukkan bahwa banyak sekali orang yang ingin mengajak ke jalan Allah tapi mereka terkadang tidak menyertakannya dengan jalan yang  bijaksana dan hikmah. Islam adalah agama dama, maka memang sepatutnya pesan-pesan yang disampaikan dengan cara yang damai, tidak dengan pembenaran dakwah yang melibatkan kekerasan dan teror, karena hal tersebut akan menodai kesucian Islam itu sendiri.
Semoga negeri ini senantiasa dalam keadaan damai.

Dibaca 612 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>