Bolehkah Wanita Muslimah Ikut Mengerjakan Salat Jumat?

Salat Jumat bagi wanita hukumnya tidak wajib. Sebagian ulama juga memakruhkan kaum wanita untuk ikut salat jumat, bahkan ada yang mengharamkan hal tersebut. Tetapi beberapa ulama lain menyatakan pengharaman dan pemakruhan atas hal tersebut mendasar pada kondisi apabila tidak ada tempat khusus bagi perempuan di masjid.
Sekarang ini telah banyak  banyak masjid yang sudah menyediakan tempat khusus wanita untuk menunaikan salat Jumat yang tertutup serta terpisah dari laki-laki. Jika keadaan masjid sudah mempunyai tempat khusus wanita untuk salat Jumat maka hukumnya bagi wanita untuk menunaikan salat jumat tidak lagi makrum atau haram.
Rasulullah bersabda: ”Janganlah kalian larang para wanita hamba-hamba Allah untuk pergi ke masjid!” (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Daud).

Dibaca 432 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>