Bagaimana cara menghadapi kehidupan yang penuh dengan cobaan?

Seperti yang kita semua tahu, bahwa cobaan adalah hal yang tidak pernah lepas dalam kehidupan kita. Di dalam Al-Qur’an Allah menjelaskan bahwa setiap kita akan diuji dengan berbagai kondisi. Kita bisa dicoba dengan berbagai hal seperti kekurangan harta, fisik, dan yan lainnya. Dalam menghadapi cobaan dalam hidup ini kita dapat berupaya:
  1. Menciptakan mindset dalam berpikir untuk membangun kesadaran awal. Kesadaran bahwa cobaan hidup adalah suatu hal yang akan selalu menyertai kehiduan manusia. Karena sesungguhnya manusia yang tidak mengalami cobaan hanyalah manusia yang tidak bernyawa. Pola pikir seperti ini insya Allah akan membuat kita lebih siap menghadapi cobaan hidup.
  2. Kita dapat berdoa terus menerus dengan memohon kepada Sang Pemilik cobaan itu sendiri, akan membantu kita dalam menghadapi cobaan karena kita senantiasa diliputi perasaan optimis dalam menghadapi setiap cobaan.
  3. Kita bisa belajar dari lingkungan dan orang lain, terutama kepada yang lebih tua dari kita dengan mengambil pengalaman dari orang lain, karena mungkin saja mereka telah lama menghadapi cobaan hidup dan dapat membimbing kita untuk mengambil langkahtepat dalam menghadapi setiap cobaan hidup. Nasihat orang lain dapat menjadi pijakan dalam mengambil tindakan, terutama orangtua dan guru.

Apabila ada cara lain yang belum dibahas, silahkan untuk berkomentar ya kawan

Dibaca 337 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>