Apakah boleh shalat Jumat diganti dengan shalat Zhuhur?

Hukum mengerjakan salat Jumat adalah wajib bagi setiap laki-laki yang telah baligh dan dalam keadaan sehat, serta menetap di sebuah tempat. Dalil tentang kewajiban menjalankan salat Jumat sebagaimana firman Allah SWT, “Hai orang-orang yang beriman apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli” (QS. Al-Jumuah: 9).

Sedangkan hukum salat Jumat bagi orang yang mendapatkan halangan, seperti sedang dalam perjalanan yang melelahkan, sakit keras, hujan lebat, atau halangan lainnya adalah tidak wajib. Meskipun demikian, mereka turut berjamaah salat Jumat di masjid pun juga diperbolehkan. Hamba sahaya, anak kecil, dan wanita juga tidak berkewajiban menegakkan salat Jumat. Tetapi, mereka tetap memiliki kewajiban menunaikan salat Zhuhur bila tidak menunaikan salat Jumat.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Salat Jumat itu wajib bagi setiap Muslim dengan berjamaah, kecuali empat golongan, yaitu budak, kaum wanita, anak kecil, dan orang yang sedang sakit” (HR. Abu Daud).

Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas RA bahwa ia berkata kepada tukang azannya (Bilal) di saat hari turun hujan, “Apabila engkau mengucapkan (dalam adzan), “Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah”, sesudah itu janganlah engkau ucapkan “Hayya ‘ala salat” (mari menegakkan salat) melainkan ucapkan olehmu ”Shallu fi buyutikum” (salat-lah di rumah kalian). Kata Ibnu Abbas, seolah-olah orang banyak membantah yang demikian. Kemudian katanya pula “Adakah kamu merasa heran mengenai hal ini? Sesungguhnya hal ini telah diperbuat oleh orang yang lebih baik daripada saya, yaitu Nabi Muhammad SAW. Sesungguhnya Jumat itu wajib, tetapi saya tidak suka membiarkan kalian keluar berjalan di lumpur dan tempat yang licin (karena terjadi hujan lebat)” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dibaca 409 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>