Apakah Benar Seseorang yang Mati Syahid tidak Mendapatkan Siksa Kubur?

 
 
Berdasarkan dalil dalam hadist maupun Al-Qur’an. Orang-orang yang berjuang di jalan Allah dan berjihad kemudian Ia meninggal, maka Allah SWT akan memberikan beberapa keistimewaan bagi orang (syahid) tersebut. Salah satu keistimewaannya adalah dijauhkan dari siksa kubur.
Rasulullah bersabda, “Orang yang mati syahid diberi enam perkara pada saat tetesan darah pertama mengalir dari tubuhnya, semua dosa akan diampuni, diperlihatkan tempatnya di surga, dikawinkan dengan bidadari, diamankan dai kesusahan dan kedahsyatan yang besar pada hari kiamat, diselamatkan dari siksa kubur, dan dihiasi dengan pakaian keimanan” (HR. Al-Bukhari).
Allah SWT berfirman, “janganlah menduga bahwa mereka yang meninggal dunia di jalan Allah SWT itu mati! Mereka hidup dan memperoleh rezeki di sisi Allah SWT, tetapi kalian tidak mengetahui hakikatnya” (QS. Ali Imran: 169).

Dibaca 492 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>