Apakah ada larangan ziarah kubur bagi wanita yang sedang haid?

Pada dasarnya tidak ada teks baik yang berasal dari Alquran maupun hadis yang melarang seorang wanita yang sedang haid untuk berziarah kubur. Terlepas dari itu semua, agama tidak mensyariatkan bahwa seseorang yang berziarah ke kubur harus dalam keadaan suci.

Yang menjadi permasalahan adalah hukum berziarah kubur bagi wanita. Para ulama berbeda pendapat tentang hal ini. Ada yang mengatakan sesungguhnya berziarah kubur bagi wanita adalah termasuk hal yang diperbolehkan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Dahulu aku melarang kalian berziarah kubur, maka sekarang lakukanlah ziarah kubur!” (HR. Muslim).

Selain itu, ada sebagain ulama yang berpendapat bahwa hukum ziarah kubur bagi wanita adalah makruh, bahkan haram. Pendapat tersebut berdasar pada salah satu hadis Nabi Muhammad SAW, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang berziarah kubur” (HR. Al-Hakim).

Hukum yang lebih disepakati oleh jumhur ulama dan lebih kuat tentang masalah ini adalah hukum yang pertama, yaitu ziarah kubur bagi wanita baik dalam keadaan suci atau tidak suci adalah boleh. Namun, perlu menjadi perhatian bagi umat Muslim bahwa hendaknya setiap peziarah kubur selalu ingat akan tujuan utama aktivitas berziarah kubur, yakni mengambil hikmah bahwa setiap makhluk memiliki waktu yang terbatas di dunia ini. Ketika ajal tiba, setiap makhluk kembali menghadap kepada Allah SWT Yang Maha Menciptakan. Jangan sampai, peziarah kubur, baik laki-laki ataupun perempuan, bertindak berlebih-lebihan karena sedih ditinggal oleh orang terkasih. Syariat Islam tidak melarang dan tidak bisa menghentikan seseorang untuk bersedih dan menangisi kepergian orang yang dicintainya. Tetapi, jika ratapan dan tangisan seseorang oleh sebab kematian orang yang dicintainya sampai berlebihan hingga menyebabkannya berputus asa dan lupa akan hakikat dirinya sebagai makhluk, maka Islam sangat mengutuknya. Wallaahu a’lam.

Dibaca 14199 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>