Apa yang dimaksud dengan dosa besar dan dosa kecil?

Menurut para ulama, dosa besar yakni kesalahan besar terhadap Allah karena melanggar atauran pokok yang pelakunya diancam dengan hukuman yang berat di dunia dan akhirat, dosa-dosa besar itu meliputi: syirik, durhaka kepada orang tua, sihir, dan membunuh orang tanpa alasan yang syar’i.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Dosa-dosa besar adalah menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh jiwa (tanpa alasan syar’i) dan sumpah palsu” (HR. Ahmad dan Bukhari).

Dalam riwayat lain, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Segala perbuatan tidak berguna (tidak diterima oleh Allah) bersama tiga perkara: menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, dan lari dari perang” (HR. Al-Tabrani).

Sedangkan dosa kecil adalah kesalahan-kesalahan ringan terhadap Allah, berupa pelanggaran ringan mengenai hal-hal yang bukan menyangkut hal-hal pokok yang diancam dengan siksaan ringan. Contoh dosa-dosa kecil adalah: ucapan yang tidak baik, melihat lawan jenis yang bukan pasangannya dengan penuh syahwat, membicarakan aib orang lain, dan lain-lain. Akan tetapi, apabila dosa-dosa kecil ini terus-menerus dikerjakan maka ia akan menjelma menjadi dosa-dosa yang menumpuk, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Berhati-hatilah dengan dosa kecil, sebab dosa-dosa itu berkumpul pada diri seseorang sehingga menghancurkanya” (HR. Ahmad).

Dibaca 16306 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

One comment to Apa yang dimaksud dengan dosa besar dan dosa kecil?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>