Apa Saja Niat-niatan Saat Memperbanyak Puasa Sunnah?

apa saja niat-niatan saat memperbanyak puasa sunnah

Tidak ada salahnya jika seorang muslim memperbanyak puasanya seperti sabda Rasulullah SAW:

مَا مِنْ عَبْدٍ يَصُومُ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اَللَّهِ إِلَّا بَاعَدَ اَللَّهُ بِذَلِكَ اَلْيَوْمِ عَنْ وَجْهِهِ اَلنَّارَ سَبْعِينَ خَرِيفًا

Tidaklah ada seorang hamba yang berpuasa satu hari waktu perang di jalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkannya dari api neraka dengan puasa itu sejauh 70 tahun perjalanan.” (Muttafaq ‘Alaih, lafadznya milik Muslim).

Berdasarkan sabda Rasulullah diatas menunjukkan bahwa memperbanyak puasa sunnah menunjukkan kecintaan hamba kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena saat kita berpuasa maka akan meninggalkan apa yang disuka dan dibutuhkan oleh dirinya seperti makan, minum, hubungan suami istri hanya karena karena Tuhannya.

Dalam hadits Qudsi disebutkan agar pelaksanaan ibadah puasa sunnah kita dapat lebih sempurna maka setiap muslim sebaiknya menghadirkan niat dan tujuan yang baik pada saat melaksanakannya. Karena sesungguhnya niat adalah sesuatu yang penting dalam suatu amalan yang kita lakukan. Niat yang lurus bisa membuat besar amalan yang terlihat kecil begitupun sebaliknya. Ya, memang harus kita akui cobaan saat kita berpuasa memang berat, apalagi buat anak muda muslim seperti kita. Tapi rasanya tidak ada salahnya untuk dicoba dengan cara bertahap agar tertanam menjadi kebiasaan yang baik.

Apa saja niat dan tujuan saat kita memperbanyak sunnah:

  1. Berpuasa dalam rangka bertaqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan amal-amal yang dipaling dicintai oleh-Nya.
  2. Berharap agar Allah menjauhkan wajah kita dari neraka sejauh 70 tahun lamanya.
  3. Menundukkan jiwa dan mengarahkannya untuk menjalankan ketaatan kepada Allah SWT.
  4. Menaklukkan nafsu syahwat demi menjaga kehormatan diri dari perbuatan yang dilarang.
  5. Mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam baik dengan shiyam hari Senin & Kamis, Shiyam Ayyamul Bidh, Shiyam Dawud, dan selainnya.
  6. Berharap dan berbahagia mendapat kesempatan terkabulnya doa di saat berpuasa.
  7. Merasakan kesusahan yang dialami orang-orang fakir dan miskin.
  8. Berharap bisa masuk surga dari pintu Rayyan.
  9. Berharap agar Allah memberi minum (menghilangkan dahaga) pada hari terjadinya dahaga yang besar (yaumul Mahsyar). Karena balasan sesuai dengan jenis amal, siapa yang berhaus-haus karena Allah pada hari yang panas di dunia niscaya Allah akan memberinya minum pada hari terjadinya kehausan masal di akhirat kelak.
  10. Mendapat syafaat pada hari kiamat.
  11. Meningkatkan semangat mengerjakan kebaikan-kebaikan dan meninggalkan segala bentuk kemungkaran.
  12. Berharap agar Allah berkenan memberikan buah takwa kepada kita.

Semoga kita senantiasa selalu berada dalam niat yang lurus saat memperbanyak puasa sunnah seperti enam hari saat Syawal, puasa Ayyamul Bidh, puasa selama tiga hari setiap bulan, puasa Senin & Kamis, Puasa Daud, dan lainnya untuk menghindarkan kita dari perilaku buruk. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Dibaca 438 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>