Apa Saja Bentuk Rezeki yang dimaksud dalam Islam?

Sumber: budiharso.files.wordpress.
Dalam buku Prof. Dr. Quraish Shihab yang berjudul “Dia di Mana-mana: “Tangan” Tuhan di Balik Setiap Fenomena”,  menjelaskan rezeki adalah segala sesuatu yang digunakan untuk memelihara kehidupan. Menurut sudut pandang agama, rezeki dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
Rezeki material, seperti uang, rumah, kesehatan, pekerjaan, dan keluarga. Allah berfirman, “Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya, dan makanlah sebagian rezeki-Nya, dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan” (QS. Al-Mulk: 15).
Lalu bagian yang kedua adalah rezeki spiritual seperti keimanan, ketaqwaan, rahmat, dan ketentraman hati, sebagaimana firman Allah,” Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah membagi antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan” (QS. Az-Zukhruf: 32).

Dibaca 115 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>