Apa Itu Ikhlas?

sumber: muslimruhr.wordpress.com

Dalam membantu sesama sering dihubungkan dengan kata ikhlas, melakukan pekerjaan juga hasilnya pasti akan lebih baik apabila dikerjakan secara ikhlas. Saya akan mengulas sedikit tentang ikhlas. Ikhlas adalah perasaan tulus (tanpa keterpaksaan) dalam mengerjakan sesuatu. Ikhlas juga diartikan sebagai niat tulus dalam bertindak dan berbuat sesuatu tak lain hanya mengharapkan ridha Allah SWT.

Alangkah indahnya apabila setiap sikap dan perbuatan kita sehari-hari selalu dilandasi dengan ikhlas. Diterima atau tidaknya amal manusia oleh Allah SWT ditentukan oleh niat atau keikhlasan manusia itu sendiri.
Allah SWT berfirman,
“Mereka hanya diperintah untuk menyembah kepada Allah dengan ikhlas dalam menjalankan agama (bukan untuk sesuatu kecuali ridha Allah) dengan lurus (tidak bertentangan dengan syariat rasul, mendirikan salat dan memberikan zakat. Itulah agama yang lurus” (QS. Al-Bayyinah:5).
Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Sesungguhnya amal-amal perbuatan diiringi dengan niat, dan setiap orang mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diniatinya. Barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnyabenar-benar kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya untuk  meraih kesenangan dunia atau menikahi wanita, maka hijrahnya adalah kepada apa yang dia niati” (HR. Bukhori).

Dibaca 443 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>