Apa Beda Hijab Indonesia, Malaysia, dan Qatar?

Apa Beda Hijab Indonesia Malaysia dan Qatar

Penulis buku sekaligus pengusaha, Muhammad Assad selalu kagum pada perempuan berhijab. Baginya perempuan berhijab seperti seseorang yang pandai menjaga harta yang paling berharga. Ia sempat memiliki banyak pengalaman hidup di beberapa negara yang kental dengan nilai-nilai Islam seperti Malaysia dan Qatar. Pengalamannya inilah yang secara tidak langsung, ia banyak memperhatikan hijab muslimah di beberapa negara tersebut.

Seperti apa tren Hijab di Indonesia, Malaysia, dan Qatar?

Menurut pengamatan Muhammad Assad, tren hijab di Indonesia lebih modern, cantik, unik, dan berbeda. Tren hijab di Indonesia berkembang sangat pesat. Perkembangan yang dimaksud antara lain mulai adanya keberanian perempuan berhijabuntuk memodifikasi penampilannya, mengkombinasikan hijab dengan busana yang bagus, sampai banyaknya buku tutorial hijab dengan beragam bentuk tren hijab yang banyak dipasaran. Indonesia semakin berkembang dengan tren fashion hijabnya.

Perkembangan hijab di Malaysia saja belum berkembang pesat, bahkan disana ada perempuan berhijab namun mengenakan baju berlengan pendek seperti kaos oblong. Sedangkan di Qatar belum ada perubahan dari dulu. Semua wanita mengenakan gamis panjang, hijab lebar, dan bercadar, semuanya berwarna hitam.

Apa Beda Hijab Indonesia Malaysia dan Qatar

“Suatu kali saya pernah melihat mereka sedang berfoto bersama teman-temannya. Saya lantas berpikir, bagaimana orang lain bisa mengenali mereka di foto sementara wajah dan pakaian mereka terlihat nyaris sama,” gurau pria berkepala plontos ini.

Ia menambahkan bahwa sampai saat ini, banyak perempuan Qatar yang mengagumi gaya berhijab muslimah Indonesia. Mereka menilai bahwa hijab Indonesia lebih berwarna dan lebih cantik. “Sebenarnya, gamis panjang dan cadar ini dipakai untuk menghindari cuaca panas yang menyengat dan berdebu. Sedangkan pemilihan warna hitam yang notabene menyerap panas kemungkinan karena tradisi keluarga yang mengharuskan pakai hitam agar tidak terlihat mencolok,” jelasnya.

Wah, kita sebagai muslimah Indonesia boleh bangga nih dengan cerita menarik yang disampaikan oleh Muhammad Assad tentang tren hijab. Semoga makin banyak perempuan muslim Indonesia yang mulai menutup auratnya ya.

Sumber: female kompas

Dibaca 1368 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  ,

One comment to Apa Beda Hijab Indonesia, Malaysia, dan Qatar?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>