Air Putih Menyehatkan ala Rasulullah

khazanahmuslim-Air Putih Menyehatkan ala Rasulullah

Membuat badan menjadi sehat sebenarnya tidaklah sulit karena seluruh ciptaan Allah hakikatnya diperuntukkan bagi manusia. Salah satunya air putih atau air mineral yang kita konsumsi setiap hari secara medis mampu menjaga kestabilan tubuh agar menjadi sehat. Tetapi kembali kepada diri kita yang terkadang menyepelekan atau tidak menyadari manfaat air putih. Kita biasanya mengkonsumsi air putih hanya saat sedang haus saja sehingga manfaatnya belum terasa secara optimal.

Penyakit akibat ketidaksempurnaan metabolisme tubuh bisa diterapi dengan lebih banyak minum air putih agar kesehatan tubuh terjaga dengan stabil. Metabolisme tubuh yang sempurna membuat makan yang kita asup benar-benar dapat diolah dengan maksimal. Jika tubuh mengalami dehidrasi akan memicu sistem kerja metabolisme tubuh melambat. Cobalah meminum air putih walau sedang tidak haus.

Air putih juga dapat memperlancar sistem pencernaan, memperlambat zat pemicu kanker, hingga perawatan kecantikan. Bagi laki-laki, ternyata air putih dapat meningkatkan produksi hormon testosterone lho yang bermanfaat bagi kesuburan.

Manfaat dan potensi dahsyat air putih telah disebutkan dalam al-Qur’an. Disebutkan bahwa air adalah sumber kehidupan. Tanpa air akan terhentilah sistem kehidupan dunia.

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. 21: 30).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135)

Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.” Anas mengatakan, “Oleh karena itu ketika aku minum, aku bernafas tiga kali.” (HR. Bukhari no. 45631 dan Muslim no. 2028)

Melalui artikel ini kita bisa memperbanyak dan meminumnya seperti cara Rasulullah agar tubuh menjadi sehat. Wallahu a’lam bish showab.

Dibaca 546 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>