Tips Mudah Bangun Shalat Tahajjud

sholat tahajud 2

Bangun sepertiga malam untuk mendirikan shalat tahajjud biasanya sangat sulit dilakukan nih. Inilah kenapa melaksanakan shalat tahajjud sama dengan berjihad karena kita melawan seribu rasa malas dan syaitan. Padahal jika melihat dalam Al-Quran ada loh nasihat untuk menjalankan ibadah malam ini :

“Dan pada sebagian malam hari maka shalat tahajjudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’/17: 79).

Shalat tahajjud juga punya banyak manfaat, yaitu sebagai penguat iman yang menjadikan kita salah satu orang sholeh dan sholehah, pahala yang di dapat dari shalat tahajud ini sangat langka karena tidak semua umat manusia menerima pahala ini, serta kemungkinan besar munajat serta kebutuhan-kebutuhan yang kita minta akan dijawab oleh Allah SWT karena pada malam itu pintu-pintu langit sedang dibuka dan masih banyak lagi manfaat dari shalat tahajjud ini.

Pada awalnya shalat malam adalah kewajiban yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW dan juga para sahabat, seperti yang diceritakan sebuah hadist panjang oleh Zaraarah (radiallahu anhu):

Ia (Aisyah) menjawab: Bukankah engkau pernah membaca firman Allah: “Wahai orang yang berselimut?”

Aku menjawab: Benar.

Ia (Aisyah) berkata: “Sesungguhnya Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung telah mewajibkan Sholat malam pada awal surat tersebut. Dan selama satu tahun Nabi saw. dan para sahabat melaksanakan kewajiban itu. Selama dua belas bulan, kelanjutan ayat tersebut ditahan Allah di langit, sampai pada bagian akhir surat tersebut akhirnya diturunkan Allah yang berisi keringanan. Sejak saat itu hukum Sholat malam menjadi sunat, tidak wajib.”

Sudah paham mengenai hukum ibadahnya dan berbagai macam manfaat dan pahala yang didapatkan dari ibadah shalat sunnah ini. Tapi rasanya masih saja berat untuk bisa bangun di sepertiga malam ? Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa trik yang bisa kamu coba nih supaya kamu bisa menjalankan shalat malam, yaitu :

  1. Ikhlas dan Niat yang kuat
  2. Tidur Lebih Awal dan Baca Doa
  3. Melakukan Amalan Sebelum Tidur (mematikan lampu, api, menutup pintu)
  4. Jangan Makan Terlalu Kenyang
  5. Ajak Keluarga Untuk Saling Mengingatkan Satu Sama Lain Untuk Menjalankan Ibadah Malam
  6. Konsisten, (jika perlu buatlah daftar kegiatan harian agar pada seperempat malam kamu bisa bangun)
  7. Paksakan Untuk Melakukannya (lawan hawa malas yang dibisiki oleh syaitan)

Jika kamu sudah membulatkan niat dan menjalankan beberapa tips di atas, Insha Allah kamu bisa melaksanakan shalat tahajjud setiap malamnya.Sehingga kamu dijauhi satu langkah dari dosa dan doa-doa mu dikabulkan oleh Allah SWT.Amin

Dibaca 599 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>