Transaksi Bisnis online Halal

Saat ini bisnis online semakin marak dan diminati oleh masyarakat di penjuru dunia karena kemudahan dan keuntungannya. Dalam prakteknya tak semua bisnis online yang beredar di internet merupakan bisnis online halal.

Mengapa demikian?

Sebab banyak bisnis online yang menawarkan program bisnis bukan berupa jual beli barang, namun mengajak orang untuk mengikuti jejaknya mentransfer sejumlah uang yang sudah ditentukan (mesin pencetak uang). Nah, bisnis yang demikian  dalam pandangan Islam tidak termasuk dalam bisnis yang halal karena tidak ada transaksi jual beli di dalamnya.

Lalu bisnis online apa yang termasuk dalam katagori bisnis online halal? Sebenarnya banyak sekali jenis bisnis online internet yang bisa dijalankan dan memenuhi syariat Islam. Misalnya saja, Anda bisa menjual baju online, sepatu, asesoris, tas, hewan peliharaan dan lain sebagainya. Itulah yang termasuk dalam katagori bisnis yang tidak diharamkan sebab terjadi transaksi jual beli di dalamnya. Ini artinya orang yang menjual menerima keuntungan dan si pembeli menerima barang yang di inginkan dengan cara membayar kepada penjual selaku pemilik.

bisnis online, transaksi bisnis online, bisnis online halal, proses jual beli online

Dalam proses jual beli online tersebut pun masih juga ada aturannya. Hendaknya si penjual dalam menjual barangnya tidak mengambil keuntungan yang tidak masuk akal seperti mengambil keuntungan setengah atau melebihi harga dari awal pembelian. Hal ini juga cukup dilarang dalam Islam dan termasuk dalam katagori haram. Misalnya saja, untuk proses jual beli baju, jika baju yang Anda beli seharga Rp 80.000,- maka jangan mengambil keuntungan setengahnya atau lebih yakni Rp 160.000,- atau bahkan lebih.

Selanjutnya adalah, ketika terjadi transaksi jual beli online juga si pembeli harus melihat barang terlebih dahulu. Membeli sesuatu yang tidak diketahui wujudnya terlebih dahulu juga tidak masuk bisnis online halal.

Sebab dalam Islam sendiri juga melarang adanya istilah membeli kucing dalam karung. Untuk itu disarankan untuk Anda yang ingin memulai bisnis online halal, teliti serta pelajari dahulu bisnis online nya. Jangan sampai memakan harta haram sebab akan menjadi noktah hitam dalam hati seseorang yang lambat laun akan menutup hati dan menjauhkan diri dariNya.

Dibaca 434 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>