Tips Menyiapkan Dana untuk Kamu yang Ingin Naik Haji

bebas finansial , DBS Smart Money , investasi , dana haji , kebebasan hidup

Apakah kamu sedang merencanakan keinginan untuk naik haji? Kapan? Apakah 5 tahun lagi?

Jika iya apakah kamu sudah menyiapkan dananya?

Atau kamu belum tahu cara efekif dalam menyiapkan dana untuk naik haji ini?

Jika belum, coba simak tips berikut, semoga membantu yah :

Siapkan mental dan fisik

Yang paling utama adalah persiapkan dulu mental dan fisik kamu dalam menunaikan ibadah naik haji ini. Karena ibadah naik haji ini butuh fisik yang prima karena itu persiapkan dengan baik kesehatanmu agar ibadah hajimu lancar.

Perkirakan biayanya

Ibadah haji setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan, jadi agar kamu dapat mengetahui perkiraan biayanya, sebaiknya tentukan kapan kamu berencana naik haji. Cari deh info sebanyak mungkin  misalnya biaya mengadakan kegiatan walimus syafar, biaya oleh-oleh, dll.  Jangan lupa selalu perkirakan inflasi kenaikan biaya haji per tahunnya (kamu bisa memakai asumsi kenaikan 10% per tahun). Dengan begini kamu bisa menentukan biaya haji yang diperlukan 5 tahun lagi.

bebas finansial , DBS Smart Money , investasi , dana haji , kebebasan hidup

Pilih produk investasi

Pilih produk investasi yang tepat dan sesuaikan juga dengan resiko dan manfaat yang didapat. Perhatikan juga jangka waktu berinvestasi. Karena waktunya masih 5 tahun lagi, kamu bisa pilih reksa dana karena umumnya dapat memberikan return lebih tinggi. Atau kamu juga bisa memilih tabungan haji.

Produk tabungan haji ini justru memudahkan bagi kamu dalam menyiapkan dana haji karena didebet langsung dari gaji atau rekening kamu biasanya. Tapi ini hanya untuk menyimpan saja bukan berinvestasi.

Alternatif lainnya dalam menyiapkan dana haji adalah dengan membeli emas. Berinvestasi di emas memiliki banyak keuntungan seperti misalnya bila terjadi kenaikan harga, maka harga emas juga naik. Atau kamu juga bisa berinvestasi pada tanah/rumah, karena ini lebih menguntungkan.

Nilai investasi tanah tidak akan terpengaruh pada nilai tukar rupiah terhadap dollar. Bahkan harga tanah biasanya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kamu bisa menjualnya jika sudah ingin berangkat haji.

bebas finansial , DBS Smart Money , investasi , dana haji , kebebasan hidup

Pilih asuransi haji

Kamu juga bisa menggunakan asuransi haji karena ada beberapa perusahaan asuransi yang juga sudah menyediakan asuransi untuk ibadah haji. Pilih asuransi haji yang tidak membuat kamu repot dan pastikan sudah terpercaya.

Kalau saran saya sih kamu lebih baik menggunakan salah satu produk investasi misalnya tanah/rumah yang tidak akan mengalami penurunan harga. Dan kamu juga perlu belajar cara mengelolanya dengan baik agar kamu selain bisa menggunakannya untuk naik haji juga bisa bebas finansial.

Jika kamu belum mengerti produk investasi dan ingin belajar cara mengelolanya, belajar saja dulu pada simulator strategi investasi DBS Smart Money. Kamu bisa belajar bagaimana caranya menikmati kebebasan hidup dari simulator ini.

Dibaca 737 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>