Peran Wanita terhadap Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu cara untuk mencapai kehidupan yang bahagia. Oleh karenanya kesehatan merupakan sesuatu yang dianggap sangat vital bagi kehidupan manusia. Bagi seorang wanita, kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga, sebab ia adalah seorang istri yang harus melayani suami dan mengurus anak-anaknya. Bisa dibayangkan jika seorang wanita sakit, perubahan apa saja yang akan terjadi pada rumah tangganya. Wanita dipandang seorang yang menjadi cerminan keluarganya. Oleh karenanya kesehatan wanita dalam Islam dipandang sebagai suatu komoditas yang amat sangat berharga.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kebersihan merupakan pangkal kesehatan. Jika mengingat bahwa di dalam rumah tangga wanita menjadi sosok yang sangat berperan dalam kebersihan, maka wanita juga memiliki andil dalam bertanggung jawab terhadap kesehatan anggota keluarganya yang lain. Kesehatan wanita dalam Islam benar-benar sangat diperhatikan, bahkan tidak sedikit yang menulis buku panduan kesehatan wanita.

kesehatan wanita dalam islam

Seperti yang telah diuraikan di atas, kesehatan wanita dalam Islam bisa dimulai dari menjaga kebersihan jasmani dan rohani diri sendiri, lalu menjaga kebersihan keluarga dan rumah, juga menjaga kebersihan sekitar. Hal ini sangat penting karena kunci kebahagiaan adalah kesehatan, sedangkan kunci kesehatan adalah kebersihan. Maka sungguh tidak ada alasan untuk tidak mencintai kebersihan sejak dini. Wanita juga dituntut untuk mengajarkan hal itu kepada para buah hatinya, sebab kelak jika telah dewasa mereka akan hidup mandiri dan dituntut untuk menjaga diri, termasuk kebersihan dan kesehatan dirinya sendiri. Coba tanamkanlah hal tersebut pelan-pelan sejak dini kepada mereka para buah hati.

Hal yang juga perlu diperhatikan apabila seseorang wanita haid dan nifas. Biasanya dalam keadaan-keadaan sulit kebanyakan dari mereka malas untuk banyak bergerak termasuk untuk membersihkan diri. Ini tidak dibenarkan sebab akan berujung pada kesehatan yang justru akan terganggu nantinya. Sekali lagi, kesehatan wanita dalam Islam itu tidak disepelekan, semua sudah ada aturannya. Maka ingat dan tanamkanlah kodratmu sebagai seorang wanita yang memeluk agama Islam.

Dibaca 407 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>