Menapak Abad Baru Misi Pendidikan Muhammadiyah


Pada tahun 2012 ini Muhammadiyah genap berusia satu abad dan kontribusi Muhammadiyah dalam dunia pendidikan Indonesia sangat patut untuk diapresiasi. Hingga saat ini Muhammadiyah telah menyelenggarakan pendidikan dan telah membangun 1132 SD; 169 Madrasah Ibtidaiyah (MI); 1184 SMP; 534 Madrasah Tsanawiyah (MTs); 511 SMA; 263 SMK; 172 Madrasah Aliyah (MA); 67 Pondok Pesantren; 55 Akademi; 4 Politeknik; 70 Sekolah Tinggi dan 36 Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia (Suara Muhammadiyah 05/95 1-15 Maret 2010).

Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, pencapaian saat ini adalah perjalanan panjang yang dilakukan KH. Ahmad Dahlan karena keprihatinannuntuk menjadikan Islam semakin kontekstual dan menjadikan ilmu beretika, beliau menyelenggarakan pendidikan dengan memadukan kurikulum pondok pesantren dengan kurikulum sekolah Belanda (modern).

Kurikulum yang dirangkai KH. Ahmad Dahlan dengan porsi pendidikan agama yang cukup bertujuan untuk cita-cita beliau agar generasi bangsa mampu tampil sebagai “ulama-intelek” yaitu seorang muslim yang memiliki keteguhan iman dan ilmu yang luas baik jasmani maupun rohani. Semangat pembaharuan sesungguhnya juga menjadi filosofi dasar keberadaan Muhammadiyah yaitu ilmu agama dan ilmu umum.

 
Menapaki abad kedua integrasi ranah agama dan keilmuan harus terus dilestarikan dan dikembangkan untuk mereformasi kembali identitas Muhammadiyah sebagai gerakan pembaruan dalam dunia pendidikan. Muhammadiyah sendiri mempunyai tantangan sebagai pemecah masalah dalam dunia pendidikan negeri ini dengan semangat pembaruan dan semangat menyelaraskan ilmu dengan Al-Qur’an serta Sunnah.

Dibaca 399 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>