Konsultasi Bisnis Syariah Masa Kini

Konsultasi Bisnis

Bisnis Syariah

Ekonomi Islam saat ini menjadi salah satu yang di pilih pala pelaku ekonomi termasuk konsultasi bisnis syariah. Selain dalam menjalankannya dijamin tidak menyalahi syariat, tujuannya adalah kebahagian dunia dan akhirat. Dalam berbisnis syariah, prinsip yang wajib diterapkan ada empat yaitu, Tauhid sebagai suatu kesatuan, Keseimbangan atau Kesejajaran (Equilibrium), Kehendak Bebas (Free Will), serta Tanggung Jawab (Responsibility).

Sebagaimana kita tahu, Tauhid dalam Islam merupakan bentuk pengakuan kita akan ke-Esa-an Allah SWT serta neyakini bahwa segala sesuatu adalah milikNya dan akan kembali padaNya. Maka dalam bisnis syariah kita wajib berada dalam jalanNya dan jangan melanggar aturan yang telah ditetapkan dalam Islam termasuk konsultasi bisnis syariah.

konsultasi bisnis syariah
gambar: pa-cimahi.go.id

Keseimbangan atau kesejajaran (Equilibrium) dimaksudkan agar adil. Sedangkan kehendak bebas, ialah dimana kita bebas menentukan pilihan akan tetapi harus sesuai ketentuanNya dan yang terpenting adalah untuk kemaslahatan serta kepentingan umat. Tanggung jawab juga harus diingat karena pertanggung jawaban bukan hanya di dunia tetapi juga yang terpenting nanti adalah di akhirat. Ada satu lagi prinsip sebetulnya, yaitu Ihsan. Seperti yang diketahui, Ihsan artinya kebaikan. Dimana bisnis yang berjalan harus berlandaskan pada tujuan kebaikan.

Bisnis syariah sebetulnya tidak beda dengan bisnis pada umumnya, hanya saja bisnis syariah memiliki ciri tersendiri yaitu berpijak pada nilai kesadaran akan semuanya hanyalah milik Allah, pemahaman akan bisnis yang halal dan haram, dan yang paling penting bisnis ini tidak hanya bertujuan untuk keuntungan dunia saja tetapi akhirat juga. Oleh karena itu, pelaku bisnis ini melakukannya dengan niat karena Allah.

Konsultasi Bisnis Syariah

Dalam berbisnis tentu saja kita membutuhkan konsultan sebagai salah satu cara bertanya agar kita tidak salah langkah dalam mengambil keputusan dalam bisnis kita. Termasuk dalam konsultasi binsis syariah.

Karena bisnis syariah merupakan bisnis yang dijalankan dengan syariat Islam, akan lebih baik jika kita memilih untuk berkonsultasi dengan lebih banyak orang. Dengan konsultan bisnis umumnya dan dengan yang mengerti soal agama. Pemahaman dari konsultasi kita dengan konsultan bisnis syariah ini bisa kita konsultasikan hasinya dengan konsultan yang berada dalam koridor agama sehingga kita bisa tahu hasil konsultasi kita ini sesuai dengan syariat Islam atau tidak.

Dibaca 585 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>