Ini Kesalahan Kecil Orang Tua yang Berdampak Besar untuk Anak

93. Ini Kesalahan Kecil Orang Tua yang Berdampak Besar untuk Anak

Tanpa disadari orang tua kerap melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa berdampak besar pada tumbuk kembang anak, baik dari segi psikologi ataupun akhlak dari anak itu sendiri ketika ia dewasa. Segala hal perbuatan negative meskipun kecil, akan memberi efek yang tidak baik jika terus dilakukan berulang-ulang.

Seperti yang dilansir ummi-online.com berikut beberapa kesalahan kecil orang tua yang sebaiknya Anda hindari.

Tidak menatap muka anak ketika diajak bicara

Seorang anak memang suka mengulang-ulang pertanyaan atau bahkan cerewet menanyakan segala sesuatunya. Anda sebagai orang tua, alangkah baiknya tetap mendengarkan dan menjawab semua pertanyaannya dengan menatap muka sang anak. Karena itu tanda bahwa Anda benar-benar menyimak perkataan sang buah hati. Kelak ketika anak tumbuh dewasa, mereka akan merasa nyaman untuk bercerita kepada orang tua dibanding ke teman. Mereka akan tumbuh dengan orang tua yang perhatian dan penuh kasih sayang.

Noor Tagouri, Pembaca Berita Wanita Berhijab Pertama di Amerika

Merapihkan barang yang habis dimainkan

Mendidik anak untuk disiplin sangat dibutuhkan. Anda bisa mencoba untuk meminta sang buah hati agar membereskan barang yang habis mereka mainkan. Latihlah agar anak anda bertanggung jawab dengan apa yang sudah mereka lakukan. Anda cukup memperhatikan dari kejauhan.

Jangan selalu meminta kakak mengalah pada adik

Bisanya orang tua akan meminta kakak untuk mengalah kepada adik. Padahal nyatanya perilaku tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena akan memuat kecemburuan pada sang kakak. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan dengan memberikan aturan baru. Seperti, siapapun yang duluan bermain, maka yang ingin menggunakan mainan yang sama harus bersabar dan bergantian. Hal ini bisa mendidik anak untuk saling menghormati dan menghargai.

Dibaca 336 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>