Ekonomi Islam: Tujuan & Prinsip-prinsipnya

Ekonomi Islam: Tujuan & Prinsip-prinsipnya

Islam adalah agama yang mengatur segala aspek kehidupan manusia dan alam semesta. Banyak aspek yang diatur sesuai ketentuan syariat islam, termasuk dalam hal perdagangan ekonomi islam mengatur setiap hal yang berhubungan dengan aktifitas perekonomian. Ekonomi islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang diatur berdasarkan agama islam dan didasari dengan tauhid juga rukun – rukun iman dan rukun islam.

Tujuan Ekonomi Islam

Segala hal dalam kehidupan di dunia ini telah diatur dengan sedemikian sempurnanya oleh Allah SWT, hingga ke permasalahan ekonomi pun memiliki aturan yang spesifik dalam islam. Karena bekerja merupakan tergolong ibadah bila si pelaku bekerja dengan ikhlas dan untuk meraih ridho-NYA, sebagaimana firman Allah SWT dalam surah At – Taubah ayat 105 : “ Dan katakanlah bekerjalah kamu, karena Allah dan Rasul-NYA serta orang –orang yang beriman akan melihat pekerjaan itu”.

Tujuan pengaturan ekonomi dalam islam sendiri agar tercapai kebaikan, kesejahtraan, keberkahan dan keutamaan, dan keadilan sehingga dapat terhindar dari kejahatan, kecurangan, serta kerugian dalam perekonomian.

Prinsip – prinsip Ekonomi Islam

Prinsip – prinsip dalam ekonomi islam tertuang seperti dibawah ini :

  • Berbagai Sumber daya dipandang sebagai pemberian / anugrah dari Allah SWT kepada manusia.
  • Islam mengakui kepemilikan pribadi dalam batas – batas tertentu
  • Kekuatan penggerak utama ekonomi islam adalah kerjasama.
  • Ekonomi islam menolak terjadinya akumulasi kekayaan yang hanya dikuasai oleh segelintir orang.
  • Seorang muslim harus takut pada Allah SWT dan hari penentuan di akhirat nanti
  • Islam melarang riba dalam berbagai hal.
  • Zakat harus dibayarkan bila telah memenuhi hisab

Banyak hal yang diperhatikan dalam ekonomi islam, hal ini dilakukan antara lain untuk mencapai tujuan membantu manusia mencapai kemenangan baik di dunia maupun di akhirat. Juga untuk menjamin kehidupan yang lebih baik seperti yang sudah disepakati oleh para ulama yang mencakup keselamatan jiwa, akal, keluarga dan keturunan, keyakinan dalam beragama  dan juga keselamatan harta benda.

Dibaca 588 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>