Ekonomi Islam: Pengertian & Prinsip Ekonomi dalam Islam

Banyak masyarakat yang memiliki kesalahpahaman bahwa sistem ekonomi Islam hanya terdapat di Bank Syariah. Padahal, pada kenyataannya, Bank Syariah itu hanya merupakan satu dari sekian banyak aspek dari kajian ekonomi Islam. Tentunya selain pembahasan mengenai keuangan perbankan Islam, ekonomi Islam juga membahas mengenai pengembangan zakat dan wakaf serta pengembangan sektor ekonomi rill yang sekarang ini sudah menjadi bagian dari kreativitas masyarakat.

Pengertian Ekonomi Islam

Perekonomian Islam merupakan ilmu yang mempelajari perilaku ekonomi manusia yang perilakunya diatur berdasarkan aturan agama Islam. Seperti yang tertulis dalam firman Allah Swt dalam surat At Taubah ayat 105: “Dan katakanlah, bekerjalah kamu, karena Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman akan melihat pekerjaan itu”.

Kerja yang membawa kepada pengampunan, sebagaimana tertulis dalam sabda Rasulullah Muhammad Saw: “Barang siapa di waktu harinya keletihan karena bekerja, maka di waktu itu ia mendapat ampunan” (HR. Thabrani dan Baihaqi).

Seperti yang telah diriwayatkan dalam firman Allah SWT beserta Rasul-Nya bahwa segala aturan yang diturunkan Allah SWT memang mengarah kepada terciptanya suatu kebaikan, kesejahteraan, keutamaan serta menghapuskan kejahatan, kesengsaraan, dan juga kerugian pada seluruh ciptaan-Nya. Demikian pula dalam hal ekonomi Islam, yang bertujuan untuk membantu manusia mencapai kemenangan di dunia maupun di akhirat.

Ekonomi Islam: Pengertian & Prinsip Ekonomi dalam Islam

Prinsip Ekonomi Islam

Secara garis besar, ekonomi Islam memiliki beberapa prinsip dasar:

  1. Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian atau anugerah dari Allah SWT kepada manusia.
  2. Islam mengakui kepemilikan pribadi dalam batas-batas tertentu
  3. Kekuatan pergerakan utam ekonomi Islam adalah kerjasama
  4. Ekonomi Islam menolak terjadinya akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh segelintiran orang
  5. Ekonomi Islam menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan banyak orang
  6. Seorang muslim harus takut kepada Allah SWT dan hari penentuan di akhirat nanti
  7. Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas
  8. Islam melarang riba dalam segala bentuk

Dibaca 1530 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>