Bisnis Online Shop Dalam Kacamata Islam

Bisnis online shop kini menjamur di kalangan masyarakat. Berbagai barang pun di jual secara online, mulai dari baju, sepatu, pernak-pernik, sampai barang elektronik. Semua terlihat menjadi mudah buat konsumennya karena kamu bisa memilih barang tanpa harus datang ke tokonya langsung. Kamu tinggal melihat gambar, pilih barang yang kamu suka dan menghubungi suplier barang tersebut. jika sudah deal, maka barang akan sampai di tangan Anda, tentunya dengan mengganti biaya kirimnya.

Apakah Bisnis Online Tersebut Sah Dalam Kacamata Islam? 

Bisnis online shop atau bisa disebut juga dropship memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan, supaya penjualan dengan pasar dalam jejaring sosial itu sah dalam agama Islam. Barang yang dijual online setidaknya memiliki beberapa syarat, antara lain: barang itu harus jelas spesifikasinya, ukuran dalam gambar harus sama dengan aslinya, jenis barangnya juga harus jelas, kejelasan waktu pengiriman barang dan penerimaan barang, sedangkan untuk masalah harga, harga barang tersebut harus jelas, pembayaran harus dilakukan secara kontan, harga yang dipatok harus sesuai dengan harga pasaran barang tersebut.

bisnis online shop, jual barang online, bisnis online menurut islam

Biasanya, di dalam bisnis online shop ada yang disebut dengan reseller atau makelar. Reseller biasanya akan menjualkan barang milik suplier dan ia juga akan mendapat uang setelah barangnya terjual. Adanya reseller dalam sistem penjualan online diperbolehkan dalam Islam, asalkan makelar memenuhi syarat-syarat, antara lain: makelar harus melakukan penjualan barang dengan jelas dan waktu penjualan barang yang harus jelas sehingga reseller harus membicarakannya dengan suplier. Pemilik juga tidak bisa menggunakan reseller yang tidak mengetahui harga barang di pasaran. Terakhir, tidak boleh ada reseller di atas reseller.

Jika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis online shop seperti yang sekarang banyak dilakukan oleh banyak orang, maka kamu harus memperhatikan hal-hal yang telah disampaikan di atas. Supaya, bisnis yang kamu jalani bisa halal dalam pandangan Islam. Ketika kamu melakukan bisnis dengan sistem Islam, maka kamu setidaknya harus memahami 3 hal, yaitu proses pengiriman barang, akan makelar dengan suplier, dan akad dalam jual beli online. Setelah semua hal itu terpenuhi, maka bisnis kamu akan barokah. Selamat berbisnis.

Dibaca 825 kali

Yuk sebarkan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>